Social Icons

Pages

Minggu, 13 November 2011

MASA PEMIJAHAN PADA KARANG (SPAWNING)

Tugas Individu
Koralogi



MASA PEMIJAHAN PADA KARANG (SPAWNING)





Oleh :NIRWAN
L111 09 277



JURUSAN ILMU KELAUTAN
FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2011





1. Mengapa pemijahanpada karang lebih sering terjadi di musim semi atau musim panas di subtropik ?
Jawab: Pemijahan terjadi di musim semi atau musim panas di subtropik karena pada saat itu aliran arus laut dari daerah tropik memasuki daerah subtropik dan membawa arus hangat dari khatulistiwa serta membawa banyak nutrient makanan yang memungkinkan karang dapat melepaskan telur-telurnya dan mendapatkan makanan yang berlimpah. Perkembangan gonad karang di beberapa wilayah subtropis berlangsung pada kondisi perairan yang hangat, dari musim semi hingga musim panas (Richmond dan Hunter, 1990), sehingga diperkirakan spawning karang di wilayah tropis berlangsung sepanjang tahun. Spawning karang di Great Barrier Reef-Australia terjadi pada musim semi, sedangkankomunitas karang di Pasifik Tengah, Okinawa dan Laut Merah melakukan spawning pada waktumusim panas (Richmond dan Hunter, 1990). Perbedaan waktu spawning dapat terjadi antar jenis dan lokasi.
2. Mengapa pemijahan di daerah tropik berlangsung sepanjang tahun ?
Jawab: Pemijahan di daerah tropik berlangsung sepanjang tahun disebabkan karena pada
daerah tropik dengan peraian yang hangat sepanjang tahun memungkinkan karang
mendapatkan rasa nyaman untuk melepaskan telurnya dengan suhu tersebut serta jumlah
makanan yang banyak sehingga merangsang kematangan gonad lebih cepat dari pada
daerah subtropik, Strategi bereproduksi suatu jenis karang merupakan suatuu saha untuk
mempertahankan kelangsungan hidup yang berhubungan dengan kondisi lingkungan
tempat karang itu hidup. Indonesia sebagai negara tropik memiliki suhu perairan yang relatif
tinggi dengan variasi suhu yang kecil sehinggakarang-karang kemungkinan memiliki waktu
reproduksi sepanjang tahun (McGuire 1998).
Waktu spawning karang menjadi penting karena berkaitan erat dengan kelangsungan kehidupan suatu jenis karang. Kesesuaian waktu spawning dengan kondisi arus samudra saat itu akan menentukan penyebaran larva karang dandistribusi karang. Penentuan waktu spawning suatu jenis karang sangat dipengaruhi oleh proses perkembangan gonad karang pada setiap jenis karang.Pemijahan di daerah tropis dapat berlangsung sepanjang tahun diambil dari hasil pengamatan di beberapa wilayah menunjukkan bahwa spawning time bervariasi antar wilayah yang berbeda letak lintangnya. Bahkan saat pemijahan karang berbentuk koloni memiliki perbedaan waktu baik antar-populasi, antar-koloni maupun antar bagian/cabang dalam satu koloni.
3. Mengapapemijahan terjadi pada bulan terang atau gelap ?
Jawab: Pemijahan terjadi padabulan terang atau gelap karena saat tersebut merupakan momen dimana pesediaan makanan akan melimpah dan menyediakan untuk pelepasan telur karang. Dan saat itu dimana ikan nokurnal tidak akan mencari makanan.
Pada kebanyakan spesies hewan laut, siklus bulan mungkin memicu waktu pematangan sperma dan telur (Norton 1981,Philips et al. 1990), demikian pula pada karang (Wallace 1985,Glynn et al. 1991, McGuire 1998). Hasil penelitian secara eksperimental membuktikan bahwa fase bulan juga mempengaruhi tingkah laku pemijahan (Babcock et al. 1986,Hunter 1988) dan mengatur waktu pelepasan larva dari Pocillopora damicornis di Hawaii (Richmond & Jokiel 1984,Jokiel et al. 1985) dan Porites astreoides di Teluk Florida bagian utara (McGuire 1998).
Pemijahan yang terjadi pada malam hari setelah bulan purnama contohnya di The Great Barrier Reef. Setelah matahari terbenam dan sebelum bulan purnama muncul, karang memijah di dalam kegelapan. Pemijahan terjadi selama seminggu setelah bulan purnama Oktober atau Nopember. (Willis et al. 1985) Masing-masing spesies biasanya mempunyai jadwal tertentu untuk memijah setiap tahunnya.Goniastrea aspera, misalnya, memijah pada hari ke 2 hingga ke 4 setelah bulan purnama (Babcock et al. 1986). Pemijahan massal di the Great Barrier Reef ini berlangsung secara konsisten sejak diteliti di tahun 1981 sehingga kapan karang akan memijah telah dapat diramalkan jauh sebelumnya.
Sebagaimana hasil studi Edinger et al. (1996) yang melaporkan kejadian spawning karang massal di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah pada Oktober-Nopember 1995 yang terjadi setelah bulan purnama.
4. Mengapa pemijahan terjadi saat surut atau pasang tertinggi ?
Jawab: Pemijahan terjadi saat surut atau pasang tertinggi karena pada saat terjadi pasut aka nada gaya tarik menarikan tara gravitasi bulan dan bumi seingga memungkinkan karang melepaskan telurnya dengan mudah akibat gaya gravitasi yang besar itu dan persediaan makanan yang melimpah. Pasang surut berpengaruh pada spawning karang namun bisa dibatasi oleh pola pasang surut yang sering berubah.Hal ini dapat dilihat pada beberapa karang yang mati karena tidak dapat melakukan spawning pada daerah yang lebih dalam.Namun pola pasang surut juga berpengaruh terhadap tersedianya nutrien dan zat-zat hara anorganik bagi pertumbuhan karang (McGuire,1998)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar