Social Icons

Pages

Sabtu, 19 Maret 2011

TP Pratikum koralogi BENTUK PERTUMBUHAN DAN STRUKTUR KORALIT

TUGAS PENDAHULUAN II KORALOGI
BENTUK PERTUMBUHAN DAN STRUKTUR KORALIT

1. Jelaskan definisi pertumbuhan karang:
2. Salah satu dampak dari fenomena globalwarming adalah ocean acidification, yang menghambat proses kalsifikasi. Jelaskan ocean acidification dapat menghambat proses kalsifikasi
3. Jelaskan istilah bentuk pertumbuhan karang dibawah ini :
a. Branching
b. Tabulate
c. Encrusting
d. Massive

4. Jelaskan beberapa istilah dari struktur koralit ini:
a. Placoid
b. Ceroid
c. Meandroid:
d. Flabello-Meandroid

5. Jelaskan perbedaan antara axial coralit dan radial coralit
Jawab :
1. pertumbuhan karang adalah laju atau meningkatnya polip yang melekat pada karang serta menibgkatnya zooxanthellae yang berasosiasi dengan karang.
2. ocean acidification adalah Pengasaman Samudera adalah nama yang diberikan kepada penurunan yang sedang berlangsung di pH lautan bumi, yang disebabkan oleh serapan mereka karbon dioksida antropogenik dari atmosfir [1] Antara 1751 dan 1994 permukaan pH laut. Perubahan dalam kimia laut dapat memiliki efek langsung dan tidak langsung yang luas pada organisme dan habitatnya. Salah satu dampak yang paling penting untuk meningkatkan keasaman laut berhubungan dengan produksi cangkang dan pelat dari kalsium karbonat (CaCO3). [14] Proses ini disebut kalsifikasi dan penting untuk biologi dan kelangsungan hidup berbagai organisme laut. Kalsifikasi melibatkan presipitasi ion terlarut ke dalam struktur CaCO3 solid, seperti coccoliths. Setelah mereka terbentuk, struktur tersebut rentan terhadap pembubaran kecuali air laut sekitarnya mengandung menjenuhkan konsentrasi ion karbonat. Negara saturasi air laut untuk mineral (dikenal sebagai Ω) adalah ukuran potensi termodinamika untuk mineral untuk membentuk atau untuk melarutkan
http://en.wikipedia.org/wiki/Ocean_acidification
3. bentuk pertumbuhan karang
a. Branching memiliki cabang lebih panjang daripada diameter yang dimiliki, banyak terdapat di sepanjang tepi terumbu dan bagian atas lereng, terutama yang terlindungi atau setengah terbuka. Bersifat banyak memberikan tempat perlindungan bagi ikan dan invertebrata tertentu.

b. Tabulate bentuk bercabang dengan arah mendatar dan rata seperti meja. Karang ini
ditopang dengan batang yang berpusat atau bertumpu pada satu sisi membentuk sudut atau datar

c. Encrusting tumbuh menyerupai dasar terumbu dengan permukaan yang kasar dan keras serta
berlubang-lubang kecil, banyak terdapat pada lokasi yang terbuka dan berbatu-batu, terutama mendominasi sepanjang tepi lereng terumbu. Bersifat memberikan tempat berlindung untuk hewan-hewan kecil yang sebagian tubuhnya tertutup cangkang.

d. Bentuk Padat (massive), dengan ukuran bervariasi serta beberapa bentuk seperti bongkahan batu. Permukaan karang ini halus dan padat, biasanya ditemukan disepanjang tepi terumbu karang dan bagian atas lereng terumbu.

4. Placoid, masing-masing koralit memiliki dindingnya masing-masing dan dipisahkan oleh konesteum

Cerioid, apabila dinding koralit saling menyatu dan membentuk permukaan yang datar.

Phaceloid, apabila koralit memanjang membentuk tabung dan juga mempunyai koralit dengan dinding masing-masing

Meandroid, apabila koloni mempunyai koralit yang membentuk lembah dan koralit disatukan oleh dinding-dinding yang saling menyatu dan membentuk alur-alur seperti sungai.

Flabello-meandroid, seperti meandroid, membentuk lembah-lembah memanjang, namun koralit tidak memiliki dinding bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar