Social Icons

Pages

Sabtu, 19 Maret 2011

TP KORALOGI 1 LAPISAN TUBUH POLIP KARANG DAN ZOOXANTHELLAE

1. Jelaskan pengertian polip karang, karang dan terumbu karang!
Polip karang adalah hewan bersel satu yang menyusun karang. Polip karang bentuknya seperti sebuah karung dan memiliki tangan-tangan yang dinamakan tentakel. Polip menyerap kalsium karbonat dari air laut untuk membangun rangka luar zat kapur yang dapat melindungi tubuh polip yang sangat lembut. Karang adalah kumpulan dari hewan – hewan kecil (polip) . Terumbu karang adalah adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebut zooxanthellae.
2. a. Ada berapa lapisan tubuh polip karang?
Polip karang memiliki tiga lapisan tubuh yaitu ektodermis, mesoglea, dan endodermis.
b. Jelaskan perbedaan masing-masing lapisan tersebut!
Ektodermis merupakan bagian terluar dari polip karang, dibagian ini terdapat mulut yang sama peranannya sebagai anus. Tentakel yang berada disekitar mulut memiliki sel mukus dan nematokis yang berperan dalam menangkap mangsa. Mesoglea merupakan jaringan penghubung antara bagian luar dan dalam pada polip karang. Jaringan ini terdiri atas sel- sel, serta kolagen dan mukopolisakarida. Pada sebagian besar karang, epidermis akan menghasilkan material guna membentuk rangka luar karang (kalsium karbonat). Pada bagian dalam polip karang, endodermis atau yang lebih dikenal dengan gastrodermis merupakan tempat tinggalnya alga zooxhanthellae.
3. Gambarkan anatomi lapisan tubuh polip karang, berikan keterangan gambar, dan jelaskan masing-masing bagian yang terdapat di setiap lapisan tersebut!

1. mulut dikelilingi oleh tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa dari perairan serta sebagai alat pertahanan diri.
2. rongga tubuh (coelenteron) yang juga merupakan saluran pencernaan (gastrovascular).
3. Tentakel
4. Skeleton






4. Jelaskan pengertian zooxanthellae dan gambarkan anatominya!
Zooxanthellae (Yunani : Alga hewan kuning cokat) adalah sebuah istilah yang merujuk pada sekelompok dinoflagellata yang berasal dari perubahan evolusi yang berbeda yang terjadi dalam simbiosis dengan invertebrata laut.
5. a. Jelaskan peranan zooxanthella bagi karang!
Pemasok energi dan nutrisi bagi inangnya, dalam proses klasifikasi dan pembentukan skeleton, dalam pembentukan terumbu, memberi warna pada karang
b. Jelaskan peranan karang bagi zooxanthellae!
Zooxanthellae menerima kebutuhan nutrien penting seperti amoniak, fosfat, dan CO2 dari sisa metabolisme karang dan juga sebagai tempat berlindungnya zooxanthellae
6. Jelaskan proses yang dilalui zooxanthellae sehingga dapat berada di dalam tubuh karang!
Zooxanthellae dapat berada dalam tubuh polip melalui proses reproduksi polip. Pada reproduksi seksual, karang dapat mendapatkan zooxanthellae secara langsung dari induk, atau secara tidak langsung dari perairan. Pada reproduksi aseksual, zooxanthellae akan langsung dipindahkan ke koloni baru atau ikut bersama fragmen-fragmen karang yang terpisah dari koloni. Keberadaan zooxanthellae pada polip karang dapat mencapai lebih dari 1 juta sel per cm2 permukaan karang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar